Link Worth

Kids… Apa sih Isi Otak Lo?

Written on November 15, 2007 – 2:44 pm | by jumi |

pelajar Indonesia?Rumus matematika? Kimia? Fisika? Akuntansi? Guess what! Hohoho… belum tencyu! Postingan ini terinspirasi ketika saya sedang menonton berita sore yang di tayangkan oleh salah 1 stasiun televisi swasta *AHA! Akhirnya saya berhenti menjadi pengamat sinetron dan mulai menonton berita! :P*. Ada sebuah berita tentang geng motor di Bandung, yang mana anggotanya kebanyakan adalah anak-anak sekolahan! Tragis. Ironis. Dan kata-kata berikutnya yang muncul di otak saya hanya kata-kata yang bersifat negatif.

 

Kembali teringat ke masa-masa beberapa tahun yg lalu. Ok, mari kita hitung! Uhmmm… saya lulus SMA kira-kira baru 3 tahun yg lalu! Bahkan sebagian orang menganggap saya masih ABEGEH… >:P But, let see! Dalam 3 tahun, sudah banyak nilai-nilai yg berubah! Anak-anak sekolahan jaman sekarang, lebih bangga pernah ikutan dugem ketimbang belajar di rumahnya dengan tekun. Mereka lebih bangga menjadi siswa berandalan ketimbang mengukir prestasi di bidang akademis. Mereka lebih bangga punya video porno di HP nya ketimbang menjadi juara kelas!!!

 

Ck ck ck… Tragis. Ironis. Lagi-lagi itu yang keluar di benak saya… Begitukah calon-calon pemimpin bangsa ini?

 

Ya ya ya… saya sadar, saya tau, mungkin mereka masih dlm proses “pencarian jati diri”. Tetapi sayangnya, kenapa salah doktrin seperti itu? Saya yakin, para pelajar itu sebenarnya sudah tau mana yg baik dan mana yg nggak. Masa sih, mereka gak bisa memilih, “jati diri” yg lebih benar dan lebih baik utk mereka? Masa sih mereka gak tau apa tanggung jawab mereka sebagai seorang pelajar? :)) *belajar PPKn lg aja sana, gih! :D*

 

Saya bukannya mau menyamaratakan semua siswa! Saya tau, dari sekian banyak siswa-siswa berandalan di luar sana, masih banyak jg kok siswa baik-baik! Masih banyak jg siswa yg mampu membuat orang tua mereka bangga! Dan saya salut, salut dengan mereka-mereka yg masih mampu mempertahankan nilai-nilai yang saat ini sudah sangat deras tergeser. Salut pada mereka-mereka yg masih sadar akan tanggung jawab mereka sebagai pelajar! Tp tentunya mereka-mereka itu gak perlu saya bahas di sini, karena ini adalah tempat saya utk mengkritik sesuatu! :D :P

 

Mungkin sebagian dari Anda nyeletuk dlm hati, “Ah, kayak lo yg bener aja waktu sekolah dulu, Jum!” Ok… Ok… Let see! Saya dulu adalah siswa di SMA Cendana Pekanbaru, Riau. Ada yg tau? :D Kalo Anda kenal dgn guru-guru di sana, coba tanya pd mereka, siswa seperti apa saya dulu! Coba tanya pd guru-guru saya, berapa banyak NP (Nilai Pelanggaran) yg pernah saya cetak? Dan kalau guru-guru saya menjawab ada nilai 1 saja, silahkan maki2 saya di kolom komentar! :))

 

Ya, saya bangga! Bangga pernah menjadi siswa kuper yg gak pernah telat datang ke sekolah. Bangga pernah menjadi siswa kuper yg gak pernah ngerasain narkoba, ngerokok, dan free sex. Bangga pernah menjadi siswa kuper yg bikin ortu saya senang dgn prestasi-prestasi yg pernah saya raih.

 

Ah… lagi-lagi pertimbangannya orang tua! Kenapa itu gak pernah terpikir oleh mereka, para siswa-siswa berandalan itu? Sadar gak sih mereka, kalau mereka tinggal kelas, kalau mereka di penjara, kalau mereka hamil di luar nikah :|, siapa yg sedih? Siapa yg malu? Siapa yg kecewa? Tidak pernahkah terbayangkan, bagaimana susahnya ortu mereka mencari uang untuk membiayai sekolah anak-anaknya? Hare gene kan biaya sekolah tuh mahal bgt! Saya punya 2 adik cowok yang masih sekolah. Dan saya tau bagaimana beratnya kedua orang tua saya menyekolahkan kami, anak-anaknya ini.

 

Eh eh… postingannya udh mulai serius, ya? :D Hohoho… :P

 

Nah, jadi kalo Anda punya anak, punya adik, punya temen, atau mungkin Anda sendiri masih sekolah, masih mengenakan seragam itu, masih menjadi tanggung jawab orang tua, tanyakan sendiri pd diri Anda : Apa sih yang ada dalam otak kalian???

 

Rumus matematika? Kimia? Fisika? Akuntansi? atau… isi majalah porno??? :))

 

 

peace and love and laugh

 

- si Jumi -

Related Posts

Put your related posts code here
  1. 67 Responses to “Kids… Apa sih Isi Otak Lo?”

  2. Avatar

    By didut on Nov 15, 2007 | Reply

    Dalam 3 tahun, sudah banyak nilai-nilai yg berubah! Anak-anak sekolahan jaman sekarang, lebih bangga pernah ikutan dugem ketimbang belajar di rumahnya dengan tekun.

    lebih mantabh lagi kalau ada statistik-nya nih atau angka yg laen based on survey or what ever, kalo begini kok rasanya subjektif sekali yah :D

  3. Avatar

    By Anang on Nov 15, 2007 | Reply

    anak jaman sekarang udah terkena imbas dari era gombalisasi……

  4. Avatar

    By Totoks on Nov 15, 2007 | Reply

    saya sudah gak pake seragam itu… jadi gak ngerti kenapa mereka bisa begitu. tapi balik lagi ke belakang masa SMA saya dulu mungkin hampir sama dengan sekarang cuman saya dulu gak pernah tawuran atau ikut geng-gengan. saya juga termasuk anak yg biasa2 aja bahkan untuk ranking mungkin selalu 10 besar dari bawah :D tetapi saya sangat menghargai orang tua saya dan tahu kalau mereka itu sudah berat sekali bebannya sehingga saya gak mau menambah bebannya lagi dengan hal2 konyol seperti itu :)>-

  5. Avatar

    By Aryo on Nov 15, 2007 | Reply

    huhu…aku orang yang boleh lepas dari kecurigaan nyimpen video porno di hape…
    hapeku ngga’ bisa muter video :((

    *nyimpennya di kompie*

    hari gini, kalo pacaran jangan kelewatan, kalo udah kelewatan jangan sampe hamil (pake “karet” dums, jangan karet gelang ya, sakit itu si), kalo sampe hamil ya jangan sampe ketauan :P

    *garing mode : off*

    subjektif ah :d tiap jaman punya masalahnya sendiri, jaman kita ini ya yang kalian bilang tadi. dan rasanya geng motor, perkelahian, ataupun hamil diluar nikah bukan masalah baru (inget? orang - orang yang dulu idupnya di gua ngga’ pernah nikah? :d ). sekarang tinggal bagaimana kita menjaga diri sendiri agar ngga’ terjerumus. waspadalah….waspadalah!

  6. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 15, 2007 | Reply

    @ Mas Adi : Subjektif? Wajar, karena ini bukan masalah angka statistik! Ini lebih ke observasi pribadi dari sana-sini. Saya punya temen yg hobi dugem, punya adik yg masih berstatus menjadi pelajar. Dari sanalah saya tau fakta-faktanya.

    @ Mas Anang : Era gombalisasi itu seperti apa?

    @ Mas Totok : Gpp, Mas! Kami jg dulu adalah pelajar yg biasa2 aja! ;) Yg penting mah usaha dulu. Hasil itu urusan belakangan. Kalo pun kita tidak bisa unggul dr sisi akademis, setidaknya tunjukkan bahwa kita adalah seorang pelajar yg baik dan gak suka bikin ulah.

    @ Aryo : Maksud gw jg gitu kali, Yo! :D Setiap jaman emang beda2 tantangannya. Dan hanya mereka2 yg berpendirianlah yg ga mudah terbawa oleh arus! ;) Jangan asal ikut sana ikut sini aja.

  7. Avatar

    By aLe on Nov 15, 2007 | Reply

    anak muda jaman sekarang klo gak gitu katanya gak gaul ;))

    btw, bLog non nieke kok g bs ksh koment ya :-??

  8. Avatar

    By datum on Nov 15, 2007 | Reply

    kayaknya yang dalam otak mereka sih teman… hm… sendirian itu kadang2 menakutkan bagi banyak orang loh… dan soal pertimbangan ortu, kadang, pas masih seumuran mereka,orang tua g bakal masuk itungan.. soalnya menurut mereka orang tua itu g bisa mengerti mereka… been there anyone? :p

    oh ya, kalo di otak saya? makanan kali ya…. ;))

  9. Avatar

    By icha on Nov 16, 2007 | Reply

    sbnernya yah jumi…. anak2 indonesia tuh pinter..saking pinternya..mpe dah pada males belajar/…hobbynya ngedugem!!!
    yah gak semua sih yg bgitu, yg sperti itu…. kan masih banyak juga anak2 rohis *rohani Islam* …yg dr jaman gw dulu sekolah..pastilah anak rohis itu alim dan rajin2… dan yg pasti anti dugem… anti dunia gaul….
    susyeh sih… mau slahin anaknya juga gak bisa…secara orang tua jaman sekarang jd pd demen banget ngedugem …. ikut2an gaul bergaul ..kyk abegeh juga….
    mmmhhhh mereka2 itu pada butuh kultum 3X sehari… biar sakitnya ilang

  10. Avatar

    By didut on Nov 16, 2007 | Reply

    kalau menurut saya sih sebenarnya juga gak banyak yang berubah dari jaman saya dulu kalo soal gaul bergaul ala remaja aka anak smp/sma. Yang banyak berubah itu tools buat bergaulnya, makanya kasus pencarian jati diri’nya makin beraneka macam sekarang :-\
    Kalo dugem mah dr dulu juga kayaknya bakal lebih berasa gimana gitu kalo bisa ikut dugem, tp kalo ane mah dulu mau ikut juga kagak mungkin secara kantong empet-empetan *terkenang masa lalu naik kopaja 614 dr psr minggu ke cipulir berbekal Rp. 300*

  11. Avatar

    By yonna on Nov 16, 2007 | Reply

    Subhanallah, baru lulus SMA 3 taun yang lalu? kalo sayah udah 8 taun yang lalu…2 taun lagi anniversary yang ke-10 :d

    Emang….tambah kesini tambah parah. Ini gara-gara pengaruh media massa yang membuat perilaku dan cara berpikir mereka menjadi demikian. Banyak guru sekolah mengeluhkan perilaku murid mereka. Kalo bandel sih dari dulu pasti ada murid bandel. Tapi anak sekarang kurang ajar dan gak respek ma orang tua. Mereka meyakini hal itu terjadi sejak masuknya TV swasta ke Indonesia, apalagi sekarang ada stasiun TV lokal. Liatlah O Channel ada Paranoia dan Rekomendasi. Anak2 ingusan yang gak tau tempat gaul Jakarta akhirnya jadi tau dan penasaran berkunjung ke sana…thanks to O Channel.

    I wonder for the next 5 years….saat anakku mulai sekolah dengan romantika seperti ini, I wish I can be a supermom for her amin. Harus stay alert dan update dengan masalah2 yang lagi trend…SIGH :-<

  12. Avatar

    By mandhut on Nov 16, 2007 | Reply

    iya jummmm,,,,, gue juga dulu pas SMA kuper cupu dkk (gak tau deh sekarang tergolong yang mana) sumhow ada hikmahnya juga loh, hehehehehe…..

    hidup cupuers!

  13. Avatar

    By mandhut on Nov 16, 2007 | Reply

    sama dong. dulu gue juga cupuers. hahahaaha. anak baik2. tak pernah melanggar peraturan dan lain2. sumhow ada hikmahnya juga ya. hehehehe.

    hidup cupuersss

  14. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 16, 2007 | Reply

    @ aLe : blognya Nieke? Emang skrg dia ga selalu buka komen utk semua postingan, Le! :D

    @ datum : wekz… waktu lg ngisi comment, pasti lg laper! :P btw, biar ngerasa ortu ga bisa ngertiin, bukan berarti mereka lepas dr tanggung jwb! ;) Toh yg membiayai hidup mereka jg masih org tua!

    @ Mbak Icha : Hahaha… susah jg sih Mbak, kalo dr org tua nya jg udh seperti itu! :)) Yah, untungnya masih banyak jg pelajar yg masih sadar akan tanggung jawabnya! ;) Kalo ga, mau jd apa bangsa ini nanti… :-s *euleuh… euleuh…* :P

    @ Mas Adi : Tp tiap jaman atau era itu, tetep ada perubahan Mas! Jaman2 saya sekolah dulu, temen2 yg pernah ikutan dugem msh blum banyak. Tp skrg? Hohoho… jangan tanya! Saya sendiri jg kaget. Apalagi siswa di daerah! Yg tadinya sangat jauh dr dunia2 spt itu. Tp skrg malah udh familiar! :)

    @ Mbak Yonna : Itu jg tantangan bagi para org tua, Mbak. Org tua jaman skrg pun harus lebih kreatif! :D Karena org tua memiliki pengaruh besar dlm kehidupan anak2nya. *wekz… berasa udh jd org tua aja… :P* Apalagi di jaman spt skrg ini, yg godaannya sudah cukup banyak.

    @ Mandut : Ahahahaha… ternyata menjadi “kuper” itu membanggakan jg ya, Man? :)) *Give me, five! ;)* Gw jg kalo skrg, ga tau masuk golongan apa! :D Soalnya udh ga cupu2 bgt… :P *gubrak*

  15. Avatar

    By yonna on Nov 16, 2007 | Reply

    ya betul jadi ortu juga banyak godaannya, karena usia masih muda hasrat pengen nge-lounge, dll masih membara :p kalo maksutnya ingin mengetahui lika liku pergaulan anak muda dan solusinya sih gak papa tapi dilemanya anak akan mengikuti hobi ortunya tsb karena dianggap biasa.

    mending hang out bareng ya nak….have fun bareng ortunya, ortunya merasa fun anaknya merasa beban :d

  16. Avatar

    By uthie on Nov 16, 2007 | Reply

    hihihihi…
    aku jg waktu SMA kuper banget loh ;))

  17. Avatar

    By macangadungan on Nov 16, 2007 | Reply

    waaa…gw waktu SMP dan SMA adalah rulesbreaker, suka bolos, ngroko… tapiiii…. gw aktif di OSIS, prestasi gw lumayan lah. ibaratnya, gw bukan tong kosong nyaring bunyinya, banyak lagak tp ga ngapa2in. bahkan guru2 aja sampe deket ma gw dan hubungan gw selalu baik dgn para guru.
    gw ga bangga sih jd “anak bandel” wkt SMA, tp gw ga pernah dugem, narkoba apalagi seks bebas ya… itu udah berat hukumnya buat gw. cm mau bilang… yg ada di otak gw waktu itu… apa ya? wahh… maksud gw..masa muda tuh adalah masa dimana kita bisa jadi diri sendiri apa adanya. saat lo dewasa, lo harus bersikap sbg org dewasa. jd gw rasa..masa muda tuh masa gw menikmati kebebasan gw.tp…bebasnya jg yg masuk akal..ga sekonyol seks bebas dan nyimeng apalagi ngeroyokin org.
    pokonya been there done that lah, temen2 gw bnyk yg lebih rusak drpd gw. faktor2nya antara lain:
    -ingin diakui di pergaulannya (walau sebenernya ga tertarik dan ga setuju melakukan itu)
    -dipaksa temen2nya
    -punya masalah keluarga.. yg ini sering bgt gw denger. saat rumah bukan lg jadi tempat yg aman dan nyaman buat mreka, maka jalanan adalah surga buat mereka. jujur aja, gw krg suka sama org2 yg mendiskreditkan mrk yg salah jalan gara2 alesan yg satu ini.
    setau gw..semakin deket seorang anak sama ortunya, semakin harmonis keluarganya…maka anaknya jg ya (mudah2an) semakin baik kepribadiannya.soalnya yg jadi rem gw selama ini adalah ortu gw..gw bangga dan bersyukur punya ortu kya bokapnyokap gw :d

  18. Avatar

    By galih on Nov 16, 2007 | Reply

    Justru karena pelajaran PPKn terlalu idealis, tidak aplikatif, dan bermimpi di awang-awang, anak-anak muda itu mencoba mencari jati diri yang berbeda dengan apa yang mereka pelajari dan benci tentang PPKn. Salah satu caranya adalah: Mabok, ngebut, dkk.

    Belum, mereka belum bisa mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Dari sudut pandang mereka, itulah cara mengekspresikan diri sebagai jiwa yang meledak-ledak. Tentu saja itu adalah baik. Dengan cara apa lagi untuk mengekspresikan diri selain melakukan hal-hal itu? Tak ada yang lebih menyenangkan dan… begitu menarik….. menantang adrenalin!

  19. Avatar

    By Mbe on Nov 16, 2007 | Reply

    Namanya juga anak muda non..

    Yang tua juga sama aja,,yaa, walopun lebih elegan caranya (baca:korupsi):)>-

  20. Avatar

    By ojat on Nov 16, 2007 | Reply

    wedew…emang, anak jaman sekarang…duh, gimana yaa kalo pas gw jadi ortu..?? pasti saat itu jamannya tambah edannn :))

  21. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 16, 2007 | Reply

    @ Mbak Yona : Lebih baik orang tua bareng anak2nya hangout ke toko buku atau museum aja Mbak, biar aman! :)) *

    @ Uthie : Sekarang masih kuper ga, Thie? :D Biasanya kalo wkt masih sekolahnya kuper, pas kuliahnya malah kelewat gaul! ;)) *ga semuanya jg, sih… :”>*

    @ macangadungan : Yak, kembali lg ke pengaruh orang tua kan, Le? ;) Ternyata emang ga mudah kan jd orang tua itu? :-s *hi, Mom… Dad…! :D*

    @ Mas Galih : Yah, namanya jg anak muda… bandel2 sedikit sih wajar, mas! ;) Asal jangan kelewatan aja. Setidaknya mereka masih bisa berfikir, apa dampak yg ditimbulkan oleh perbuatan mereka itu.

    @ Mbe : Huehuehue… Itu kasus yg lain lg! :P Jd korupsi itu lebih “elegan”, toh? :|

    @ Ojat : Wekz… jaman semakin edan! Ketika nanti kita menjadi org tua, maka… uhmmm… sama, mang! Ga kebayang ama sayah… :-s sereeemmm…! beraaarrrtttz!!!

  22. Avatar

    By triadi on Nov 16, 2007 | Reply

    Oiya nambahin data aja, coba liat di situs “video kita”, liat tanggal-tanggalnya dan Anda akan ternganga karena hampir tiap hari ada manusia indonesia yang mengupload video porno, trus yang bikin video di hape dan tidak diupload berapa? yang melakukan freesex diluar nikah tanpa suting hape berapa?

    (dari kaum yang pernah liat video gitu juga tapi sering mjd miris sendiri…)

  23. Avatar

    By NanTo on Nov 16, 2007 | Reply

    Untung waktu sekolah dulu gw kalem2 aja.. Gw ga pernah tuh yang yang namanya neko2. Bukannya ga mau neko2 tapi..gw takut sih klo nama baik gw nanti sampe rusak dihadapan cewek2 yang selalu ada di sekitar gw..b-)
    *hueekkk…cuihhh…pasti lo ga tahan ya baca komen gw yang satu ini…:d

    Gw juga prihatin banget sama anak2 sekolah sekarang,,mulai dari Kecil-Kecil Pacaran, Anak SMP Kebut2an Motor,sampe Tawuran.. Ck..ck..ck…[-(

  24. Avatar

    By Dy on Nov 16, 2007 | Reply

    mantan anak cendana ya? berarti orang pekanbaru dong ya..:)

  25. Avatar

    By fatah on Nov 16, 2007 | Reply

    Harusnya anak-anak sekolah jaman sekarang musti dibudayakan nge-Blog sama guru-gurunya.. supaya waktunya abis utk hal-hal yang bermanfaat… bener ngga sih ?? :)>-

  26. Avatar

    By diena on Nov 16, 2007 | Reply

    isi otakku akuntansi :d gue juga termasuk yang nerdy kok, bukan model jaman sekarang yang aneh2. karena pikiran gue juga sama kaya orang2 yang bener… nyari jati diri kan bukan berarti harus merusak diri.

  27. Avatar

    By Paijo on Nov 17, 2007 | Reply

    Lho, koq nggak bilang-bilang ada postingan baru.

    Pelajar ya. Mmhh…..*menopang dagu, tampang muka serius*

    Saya pikir permasalahan tiap zaman anak sekolah sama koq.

    Kalo dulu novel stensil, sekarang video nganu.
    Kalo dulu ngedisko, sekarang ngedugem
    Kalo dulu kalijodo, sekarang..

    Apa mereka korban dari siste…….to be continued

    :D

  28. Avatar

    By leksa on Nov 17, 2007 | Reply

    mau tahu kenapa ada perbedaan?
    simple…

    dulu loe itu anak rajin dan baik hati…
    jadi melihat ada pergeseran…

    coba loe dulu anak bejat, kurang ajar bla..bla..
    liat yang sekarang paling komentar “haha sama aja ama zaman gue dulu”..

    soalnya seinget gue, pas zaman loe SMU juga dah banyak 3GP porno SMU, narkoba (ah dari zaman gue..), bla…bla..bl.a… dan segudang kata keparat untuk bajingan lainnya >:)

  29. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 17, 2007 | Reply

    @ triadi : waduh… kok serem ya rasanya? :D wah, ketahuan neh mas tri, suka maen ke sana, ya? :))

    @ Nanto : Huuuuuuu… sok prihatin, lo! =)) dah, urus aja cewe2 lo sana! :P

    @ Dy : Yuph! Tepat sekali! :D

    @ Bang Fatah : aku sempet beberapa kali nemuin blog guru2 sekolah loh, Mas! ;) mudah2an murid2nya ntar nyusul punya blog jg, trus bener2 dimanfaatkan sebaik2nya. bukannya malah menyalahgunakan! :))

    @ Diena : wah, gw suka bgt kalimat lo yg terakhir itu! Mencari jati diri, emang ga harus dgn cara merusak diri, apalagi masa depan! ;;)

    @ Paijo : Ini bukan tentang permasalahan anak jaman skrg dgn dulu itu sama atau ga. tp lebih ke porsinya! lebih ke kuantitasnya. jaman skrg, kelakuan pelajar itu semakin di luar kontrol. karena banyak faktor jg tentunya, seiring berkembangnya jaman.

    @ Leksa : gw ga bilang waktu jaman gw SMU ga banyak yg melakukan hal2 semacam itu! emang ada, tp ga segila sekarang, tuh! gw sebenarnya ga liat masalah “pergeseran” itu secara subjektif, karena dulu gw anak baik2, spt yg lo bilang itu! toh kenyataannya segala bentuk “pergeseran” itu ada! terlepas masalah itu diliat dr sisi si anak baik2 atau anak ga baik2. Karena sebenarnya ada suatu “nilai” yg dijadikan titik acuan.

  30. Avatar

    By sandy eggi on Nov 17, 2007 | Reply

    wah saya suka loh malah kalo ada temen-temen saya sendiri sering dugem, narkoba, free sex ato apalah itu pekerjaan-pekerjaan ngga penting… jadi kerasa banget beda nya.. :D antara saya yang kuper dan mereka yang gaul nya kelewatan .. biar keliatan unik dan kontrast gitu …

    waktu sma saya juga kuper sementara temen-temen pada gaul dan punya banyak masalah dan kenakalan. saya sih “ngga ada waktu” buat gaul dan ikutan2 dugem atopun make narkoba.

    waktu sma saya sudah sangat sibuk. bahkan ketika ada temen-temen berantem, ada yang mau coba bunuh diri, ada yang mao DO, ada yang ngebokep dan segala macem kekonyolan lainnya.. saya cuman berkomentar .. “namanya juga anak muda….” (sambil tetap mengerjakan tugas dan belajar) .. (intinya pas SMA saya kuper dan belagu…)

  31. Avatar

    By yusuf alam on Nov 17, 2007 | Reply

    porno = hot
    matematika = dingin
    fisika = pulau Siberia = sekedar tahu judulnya aja jadi ga perlu kesana
    biologi = tidak bisa dipraktikkan kecuali biologi reproduksi manusia…
    ha ha ha
    ngacoo banged.
    saya sendiri ga ngerti bagemana pikiran anak sekarang
    terpaut jauh sih…

  32. Avatar

    By Paijo on Nov 17, 2007 | Reply

    Intinya pelajar itu korban (TV, Barat, Budaya Pop), bukan tersangka. Gitu bukan yah?

    Sekalian tes gravatar, keluar nggak ya?

  33. Avatar

    By Syam al Ideris on Nov 17, 2007 | Reply

    Sama nih, mbak… saya juga trenyuh melihat anak-anak muda sekarang yang lebih cenderung ke arah hura-hura (hedonisme) ketimbang mengejar prestasi…

    Kalau boleh menyalahkan nih, sebenarnya ada yang memberi andil cukup besar terhadap perilaku remaja / ABG kita. Apa hayooo..?
    Itu tuuh.. mahkluk yang bernama T-E-L-E-V-I-S-I…

    Coba mbak amati! dari mana mereka dapat contekan gaya berbusana yang makin minim kainnya, dapat contoh gaya rambut yang warni-warna, gaya bahasa yang sok gaul, cara bergaul yang mengarah ke free-sex, tempat nongkrongannya, dan lain-lain. Bukankah semua itu ada dan selalu tersedia di televisi…

    Cuba kita amati, isi televisi pada jam prime time di dominasi oleh sinetron yang isinya menurut saya cuma 3 hal: Cerita tentang cinta, cerita tentang hura-hura, dan cerita klenik. Apa yang bisa didapat anak-anak dari 3 hal tersebut. Jati diri yang selama ini mereka cari otomatis tercitrakan dari tontonan yang mereka lihat.

    Jadi saya bersyukur tugas mengajar di daerah pedalaman. Kebanyakan murid saya nggak punya televisi,di daerah saya tidak ada mall tempat nongkront, orang tua mereka di kampung masih kolot dalam hal agama.

    Gimana nih, menurut mbak dan rekan pembaca semua… Apa perlu kita demo tuh station TV agar lebih memfilter tayangannya. Jangan sampai hanya mengejar rating dan iklan tapi mengorbankan moral generas muda.

  34. Avatar

    By hielmy on Nov 18, 2007 | Reply

    yah… entah apa penyebab dari fenomena itu…
    kita juga nggak bisa serta merta menyalahkan salah satu pihak, misal ini salah anaknya, ortu-nya, sekolahnya bla… bla.. bla…
    menurut saya ini merupakan sinergi dari semua itu, jadi semua unsur harus memberikan dukungan yang baik agar anak2 tidak terjerumus ke jurang kenistaan *halah apa pula itu?*

    pokoknya ngomong beginian mah sok bijak aja, biar gak dianggap abegeh,,, wekekekekek,,,, :))

  35. Avatar

    By imiL on Nov 18, 2007 | Reply

    jadi inget pas ospek dulu, ada senior yg ngomong
    “selamat datang anak-anak manja…”
    pelan sih… tapi dalem….

    seperti peribahasa
    “muda hura-hura, tua jadi anggota DPR..”

  36. Avatar

    By imiL on Nov 18, 2007 | Reply

    halah…….
    komen saya kepotong!!! :)) *lirik atas*
    dasar mahasiswa dungu…… ngetik komen aja ndak becus!!

  37. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 18, 2007 | Reply

    @ Sandy : huahahaha… salut… salut… mestinya anak2 sekolahan itu mbok ya jangan suka ikut2an! apa hebatnya sih, bisa sama dgn orang lain?

    @ Mas Yusuf : ehmmm… jangan ngaku udh tua gitu ah, Mas! bukan sayah loh yg bocorin… :P

    @ Paijo : Iya… iya… keluar tuh gravatarnya! bayarrr…! :D

    @ Syam : Wah, ada guru jg yg komentar di sini! :D Iya sih, Pak! Kadang televisi itu yg jd “racun” para pelajar. Tp sebenarnya bukan itu aja. Tradisi “nyontek” dan “ikut2an” itu yg menjadi masalah utama! ;) Soal demo ke televisi yg saya tau udh banyak. Tp yah, tetep aja tuh insan2 per-televisian-nya pd membandel!

    @ hielmy : ya, semuanya terjadi emang karena banyak faktor. mau itu karena anaknya kek, ortunya kek, sekolahnya kek… :P *udh bijak belum omongan saya…? :”> :D*

    @ imiL : yg bilang “dungu” bukan gw loh, miL… :P wah, sama! senior2 sayah dulu jg ngomong gitu! :)) katanya angkatan semakin ke bawah, semakin manja! :|

  38. Avatar

    By antobilang on Nov 18, 2007 | Reply

    saya pernah ngajak teman2 SMA saya untuk nyumbangin baju daripada dicorat-coret.

    tapi hasilnya? dicuekin.

    jawabannya : ah sekali ini seumur hidup. :|

  39. Avatar

    By Praditya on Nov 18, 2007 | Reply

    Hmm… saya suka tulisannya…

    Apalagi kritikannya.. :D
    Rasanya kepingin juga langsung ngomong ke orang2 kyk gtu langsung di depan mukanya…

    Tpi gak brani euy! Mungkin lewat blog aja kyk disini yah… ;p

    ~ Salam kenal semuanya…

  40. Avatar

    By escoret on Nov 19, 2007 | Reply

    behhh…panjang kali…

    coba petikan di bawah ini..
    […] Kembali teringat ke masa-masa beberapa tahun yg lalu. Ok, mari kita hitung! Uhmmm… saya lulus SMA kira-kira baru 3 tahun yg lalu! Bahkan sebagian orang menganggap saya masih ABEGEH… >:P But, let see! Dalam 3 tahun, sudah banyak nilai-nilai yg berubah! Anak-anak sekolahan jaman sekarang, lebih bangga pernah ikutan dugem ketimbang belajar di rumahnya dengan tekun. Mereka lebih bangga menjadi siswa berandalan ketimbang mengukir prestasi di bidang akademis. Mereka lebih bangga punya video porno di HP nya ketimbang menjadi juara kelas!!!
    Ck ck ck… Tragis. Ironis. Lagi-lagi itu yang keluar di benak saya… Begitukah calon-calon pemimpin bangsa ini?
    Ya ya ya… saya sadar, saya tau, mungkin mereka masih dlm proses “pencarian jati diri”. Tetapi sayangnya, kenapa salah doktrin seperti itu? Saya yakin, para pelajar itu sebenarnya sudah tau mana yg baik dan mana yg nggak. Masa sih, mereka gak bisa memilih, “jati diri” yg lebih benar dan lebih baik utk mereka? Masa sih mereka gak tau apa tanggung jawab mereka sebagai seorang pelajar? :)) *belajar PPKn lg aja sana, gih! :D*
    Saya bukannya mau menyamaratakan semua siswa! Saya tau, dari sekian banyak siswa-siswa berandalan di luar sana, masih banyak jg kok siswa baik-baik! Masih banyak jg siswa yg mampu membuat orang tua mereka bangga! Dan saya salut, salut dengan mereka-mereka yg masih mampu mempertahankan nilai-nilai yang saat ini sudah sangat deras tergeser. Salut pada mereka-mereka yg masih sadar akan tanggung jawab mereka sebagai pelajar! Tp tentunya mereka-mereka itu gak perlu saya bahas di sini, karena ini adalah tempat saya utk mengkritik sesuatu! :D :P
    Mungkin sebagian dari Anda nyeletuk dlm hati, “Ah, kayak lo yg bener aja waktu sekolah dulu, Jum!” Ok… Ok… Let see! Saya dulu adalah siswa di SMA Cendana Pekanbaru, Riau. Ada yg tau? :D Kalo Anda kenal dgn guru-guru di sana, coba tanya pd mereka, siswa seperti apa saya dulu! Coba tanya pd guru-guru saya, berapa banyak NP (Nilai Pelanggaran) yg pernah saya cetak? Dan kalau guru-guru saya menjawab ada nilai 1 saja, silahkan maki2 saya di kolom komentar! :))
    Ya, saya bangga! Bangga pernah menjadi siswa kuper yg gak pernah telat datang ke sekolah. Bangga pernah menjadi siswa kuper yg gak pernah ngerasain narkoba, ngerokok, dan free sex. Bangga pernah menjadi siswa kuper yg bikin ortu saya senang dgn prestasi-prestasi yg pernah saya raih.
    Ah… lagi-lagi pertimbangannya orang tua! Kenapa itu gak pernah terpikir oleh mereka, para siswa-siswa berandalan itu? Sadar gak sih mereka, kalau mereka tinggal kelas, kalau mereka di penjara, kalau mereka hamil di luar nikah :|, siapa yg sedih? Siapa yg malu? Siapa yg kecewa? Tidak pernahkah terbayangkan, bagaimana susahnya ortu mereka mencari uang untuk membiayai sekolah anak-anaknya? Hare gene kan biaya sekolah tuh mahal bgt! Saya punya 2 adik cowok yang masih sekolah. Dan saya tau bagaimana beratnya kedua orang tua saya menyekolahkan kami, anak-anaknya ini.
    Eh eh… postingannya udh mulai serius, ya? :D Hohoho… :P
    Nah, jadi kalo Anda punya anak, punya adik, punya temen, atau mungkin Anda sendiri masih sekolah, masih mengenakan seragam itu, masih menjadi tanggung jawab orang tua, tanyakan sendiri pd diri Anda : Apa sih yang ada dalam otak kalian???
    Rumus matematika? Kimia? Fisika? Akuntansi? atau… isi majalah porno?? […..]

    buset panjang bgt…..!!!
    tapi,itu bukan kopi paste kan..???
    keren deh…..

  41. Avatar

    By tito on Nov 19, 2007 | Reply

    mungkin mereka pikir merasakan jatuh sendiri lebih mendalam maknanya daripada sekedar menuruti kata orang tua, “hati-hati di jalan,nanti jatuh.”

    wisemen learn from others mistakes, the fools learn by their own.

  42. Avatar

    By venus on Nov 19, 2007 | Reply

    test! awas kalo ga bisa komen lagi :p

  43. Avatar

    By venus on Nov 19, 2007 | Reply

    horeeeee…bisaaaaaaaaaaaa…:d/

    eh, pake moderasi? set dah :((

  44. Avatar

    By kenji on Nov 20, 2007 | Reply

    anak sekarang banci2, klo tawuran beraninya main timpuk2an batu, ama yang di depan adu panjang2an bambu =))

    jaman saya dulu lebih seru, maju satu2 tabok2an sampe koid, yang koid digantiin temennyadan seterusnya… kayak blood sport gitu :d/

  45. Avatar

    By andi bagus on Nov 20, 2007 | Reply

    jadilah pelajar kreatif dan cerdas..:)>-

  46. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 20, 2007 | Reply

    @ antobilang : Wah, kami dulu menjelang lulus SMA berhasil melakukan niat itu, loh! :D ga ada istilah coret2an baju! Orang diawasi ini ama guru2nya… :))

    @ Praditya : That’s why, kita harus ngeblog! :)) *halah… :P*

    @ Escoret : Makasih! ;) Hare gene masih copy paste? ;))

    @ Tito : Uhmmm… nyontek dr mana itu kalimatnya, mas? ;;) Tp bener jg sih itu teorinya… :P

    @ Mbak Venus : dah bisa, kaaaaaaannnn…?

    @ Kenji : wekz… saya mah tetep ga menganjurkan buat berantem2an! kalo bisa ya pizzz aja lah! :)>- Masa generasi muda kita bisanya cuma jd jagoan?

    @ Andy : Yuph! ;) Mumpung masih muda gini mbok ya digunakan utk berkarya gitu, loh…

  47. Avatar

    By almascatie on Nov 20, 2007 | Reply

    uhmmmm….. untung bukan adek sayah yang ikut kalo iya udah aku hajar dulu sbelom dihajar sama massa
    :-w

  48. Avatar

    By gies on Nov 20, 2007 | Reply

    test :d

  49. Avatar

    By raffaell on Nov 20, 2007 | Reply

    Yahhh, jadi kita harus sadar, disaat kebudayaan , agama dan teknologi tidak berjalan dengan selaras, begini jadinya, ini cuman sifat dari imbalance sebuah kebudayaan aja, kita yang memfilternya, dan kita juga yang mengaturnya sendiri.

    Mengharapkan orang lain ?

    Pemerintah ?

    ahh, kita bukan bangsa yang lemah kok.

  50. Avatar

    By deKing on Nov 20, 2007 | Reply

    Jadi malu…dulu juga waktu sekolah saya seperti itu :D

    Eh si Almas ngapain tuch di situ? Pulang sana Al …

  51. Avatar

    By Nisa on Nov 21, 2007 | Reply

    jadi inget minggu2 lalu nonton SIDAK di globaltv, yang ngegerebek anak2 bolos sekolah.. :P

  52. Avatar

    By insan on Nov 21, 2007 | Reply

    pernahkah terpikir oleh kita kalau selama sekolah sebagian besar pelajaran agama yang diajarkan adalah agama teoritis hapalan, dan pkn yang diajarkan adalah keformalan sikap baik dengan cerita ani dan budi serta soal2 ulangan tak bermutu yang dengan mudahnya diisi dengan jawaban baik dan buruk. sehingga tanggung jawab kita lah untuk ngebimbing mereka dengan memperhatikan cara berpikir mereka, bukan semata mata nasehatin sekehendak ego kita.

  53. Avatar

    By aVank on Nov 21, 2007 | Reply

    asek
    asek
    bisa liat 3gp
    :d

  54. Avatar

    By anggauzz on Nov 21, 2007 | Reply

    hm, hm,,,,,,,,,,,

    jadilah orangtua yang perhatian dan mendengarkan.
    Janganlah nyalahin anak-anak melulu!!!

    hidup orangtua!

  55. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 21, 2007 | Reply

    @ almascatie : wekz… bedanya apa, om? buntut2nya sama2 dihajar… =))

    @ gies : yak, ganteeeee…

    @ raffael : Nah, itu dia! Mestinya para pelajar itu sadar bagaimana cara memfilter diri mereka sendiri dr pengaruh2 buruk di luar sana. :)

    @ deKing : seperti itu yg mana hayooo… :d/ ah, si almas numpang curhat di mari! :))

    @ Nisa : tp Nisa ga ikutan bolos, kan? :-o

    @ Insan : wah, iya! benar sekali! pelajaran di sekolah yg terlalu teoritis mungkin kurang menarik utk diserap sehingga para pelajar pun malas mengimplementasikan pelajaran2 teori itu menjadi praktek. tp nasehat buat mereka itu perlu jg! ;) cuma ga usah pake ego… nanti mereka akan semakin membangkang.

    @ aVank : hah??? *gubrak*

    @ anggauzz : hihihi… orang tua emang seharusnya seperti itu, mbak! ;)) biar anak2nya merasa dipedulikan. *pura2nya pernah jd org tua :P*

  56. Avatar

    By yonna on Nov 21, 2007 | Reply

    @twin sisters
    ih masa’ ke museum? kalo mau aman mending hang out ke kantor polisi aja sekalian :d

    tapi ortu n anak gaul bareng solusi brilian juga loh. keinginan anak utk senang2 bisa tercapai dan ortu gak perlu was was karena mendampinginya. i wish… :x

  57. Avatar

    By hoek on Nov 21, 2007 | Reply

    hmm…isi otaknya yah? yang jelas masi enakan isi martabak…
    slurrppp…
    *lafer*

  58. Avatar

    By ruyas on Nov 22, 2007 | Reply

    ah.. dakupun pernah mangalami dulu..
    @Almaz : nyampe sini juga ?? balik.. balik..!

  59. Avatar

    By taqi on Nov 23, 2007 | Reply

    :-\” hmm.. jadi ingat kenakalan waktu abegeh dulu:d..ya karena manusia dalam sejarah perjalanan peradaban selalu belajar hal2 dari alam dari lingkungan maka tabiat pun lebih senang dengan apa yang kelihatan di lingkungan, sehingga mudah sekali lingkungan menjadi acuan, sialnya hal2 yang justru terlihat dominan di lingkungan adalah hal2 yang tidak baik hal2 yang baik justru menjadi buram tersudut hingga tempat terbaiknya cuma di kalbu bukan laku dan cuma paste di buku2,
    apa isi otak mereka? sama kaya kita mereka juga tau apa yang baik, tp keadaan yang mereka alami beserta kesenangan2 nya membuat mereka defensive untuk keluar dan untuk menjauhi hal2 tidak baik, dalam wilayah senang/asyik siapa yang ngga nyaman. bukan mereka tdak tau konsekuensi tapi ada selalu cara yang membuat mereka aman dan terhindar , free seks bisa aman pke aja karet *dom* atau mo makin aman pakai KB bebas beli di apotek dan udah ada yang ngga menyebabkan gemuk jd body tetep langsuing, tauran toh mereka ngga sendiri berkelompok dengan berkelompok mereka merasa aman
    apa mereka ngga mkirin sekolah, ah kita kan sekarang kuat membangun opini sekolah bener2 juga ngga jamin masa depan mereka juga gini trus orang tua apa mereka ngga kasian sama ortu udah nyekolahin2 suasah2 lha kan emang tugas orang tua dan kewajiban ortu seperti itu, ini sudah membatin, dan suasana di keluarga yang kaku yang rutinitas yang anak tidak di rangkul dalam arti keluarga di ikutkan dalam tiap problema dan keadaan keluarga sehingga mereka ngga tau bagaimana susahnya jadi ortu,,:(( ya..tapi saya percaya mereka akan kembali seiring banyaknya perjalanan hidup n nilai2 yang sudah di tanamkan ortu waktu sedari kecil tetap ada di diri mereka tinggal ada momentum balik yang mengaktifkan nilai ituuuuuuuuuuu….. :x:)>-

  60. Avatar

    By emyou on Nov 25, 2007 | Reply

    Iya tuh… Jadi gak abis pikir.
    Padhal kan buat bikin masa sekolah berkesan bisa dengan cara yang positif. Gw jaman es-em-a justru bangga dengan aktif di berbagai organisasi macem osis, pramuka, dll.. Lebi bangga lagi kalo sampe diutus untuk ngewakilin sekolah buat ikut lomba antar sekolah.
    Emang apa sih yang bisa dibanggain dari tawuran, pake narkoba, sex bebas, atopun dugem ber-hedon ria?? Gaul?? Ke laut aja sono!!
    Menurut konsep gw yang judulnya gaul gak mesti negatif gitu kok. Kalo lu bisa dikenal seluruh penjuru sekolah mulai adek kelas sampe kakak kelas, mulai penjaga sekolah, guru2 sampe kepala sekolah, tentunya atas prestasi dan kepribadian yang bagus, baru lu bole bangga menyandang predikat gaul.
    Kok gw jadi ngelantur gini yak?? :d
    Nice blog, anyway…/:)

  61. Avatar

    By keritiKentang™ on Nov 26, 2007 | Reply

    @ Mbak Yonna : Tp biasanya Mbak, anak2 kebanyakan males hang out bareng ortunya. Apalagi di usia remaja gitu. Biasanya mereka malu ama temen2nya, kalo hang out masih didampingi ortu.

    @ Hoek : *gubrak*

    @ ruyas : dan sekarang semakin bertambah parah…

    @ taqi : memang sudah menjadi kewajiban ortu utk menyekolahkan anak2nya, tp jg kewajiban anak utk tidak menyia2kan apa yg telah diberikan org tuanya! sekolah memang ga terlalu menjamin masa depan. ah, siapa sih yg bisa menjamin kesuksesan sseorang? tp bukan berarti mereka ga perlu capek2 sekolah dan belajar! toh sbg manusia, kita tetap wajib berikhtiar (berusaha). ya, mudah2an mereka bisa mengembalikan nilai2 dan belajar dr pengalaman serta perjalanan hidup mereka. ;)

    @ emyou : tengkyu… tengkyu… hehehe… :P :D yuph, benar sekali! ;) banyak cara utk bisa menjadi gaul. tinggal pilih, mau cara yg positif, atau negatif?

  62. Avatar

    By remang on Nov 29, 2007 | Reply

    eeng… dulu urakan tapi gak sampe mbacot kayak anak2 sekrang..
    dulu.. sering bolos, tapi ortu gak sampe turun tangan.. as long as nilai2 bagus. dan ranking..
    dulu.. rame2in tawuran.. tapi gak sampe bawa samurai…

    ah.. tau deh.. entar anak gue gimana.. semoga dah gak di sini lagi deh..bodo deh mau dibilang gak cinta negeri ini.. hehehehehehe

    salam.. very nice blog

  63. Avatar

    By toni on Dec 1, 2007 | Reply

    Hmmhh…menurut saya bener kata mas didut harusnya untuk menyimpulkan sebuah masalah ga cuman berdasarkan pengamatan pribadi saja :)>- …soalnya kalau kayak gini berarti memang yang anda tulis itu cuman menyorot dari satu sisi aja sisi mereka yang berpikiran negatif dalam otaknya, saya kira anda juga harus mempertimbangkan ga semua anak Indonesia isi otaknya negatif….

    Mungkin karena pengaruh lingkungan kita…kita sendiri menganggap bahwa yg kuper itu yang ga dugem, narkoba, freesex, dll. Padahal coba deh kalo masyarakat kita anggep kalo juara olimpiade mate, fisika, ikut lomba cerdas cermat itu bukan anak kuper kan jadinya yg dugem, narkoba juga takut dibilang kuper :d

    Waah saya disini bukan kontra…tapi hanya menganalisa…salam kenal nih>:d<

  64. Avatar

    By Nazieb on Dec 17, 2007 | Reply

    Yang ada di pikiran saya?

    1. Makan
    2. Nge-blog
    3. Nge-game
    4. Tidur
    5. Back to no. 1

    :))

  65. Avatar

    By bodrox on Dec 24, 2007 | Reply

    sex..:”>:d:o:x bukan kok[-( serius bukan itu:)>-

  66. Avatar

    By LNG on Jan 14, 2008 | Reply

    Rumus matematika atau kimia atau akuntansi itu penting ya buat hidup?

    just a pure question….

    nyela boleh, tapi kalau ilmu belum cukup, nantinya cuma sumpah serapah yang keluar. kontraproduktif….

  67. Avatar

    By Marisa on Feb 21, 2008 | Reply

    Suka ngritik ya? Berani untuk belajar menganalisa segala sesuatunya dengan objektif ngga? Berhubung tingkat kesulitannya beda.

    FYI, banyak juga tenaga kerja kreatif dari dunia yang kalian benci itu, cerdas dalam arti yang lebih unik ..tapi tetep aja kerja keras dan ketekunan itu perlu. Kesan hedonis, hura-hura, dan malas itu kan kesan yang diciptakan media, dan jadi BENERAN begitu karena tersugesti. Tapi tetep aja behind the scene mereka ngadepin kendala hidup yang sama dengan orang lain. Malah ada kalanya lebih berat, karena seberapa pun tekunnya mereka, akan dijudge hedonis dan bodoh.

    Lagipula kebijakan seseorang ngga dinilai nilai fisik, matematika, dan sbgnya. Buat apa terlihat seperti anak alim, cerdas, relijius, kalau hidupnya hanya untuk mencerca orang lain? Itu namanya menipu diri sendiri.

    Tips aja ya, buat yang punya temen hobi dugem, keliatan bandel, tidak secerdas kalian. Coba deh ajak kerja sama, ajak diskusi, tapi harus bisa buka pikiran, buka hati, dan bersikap bijak. Jangan bangga punya pemikiran yang dangkal dan picik–kalau toh hanya sekedar nyari pengakuan pribadi.

    Semua orang itu kan ada kelebihan-kekurangannya, ngga ada yang sempurna, apalagi kalau masih muda berarti masih dalam proses pembelajaran hidup ..jadi jangan berpikir hitam-putih. Pemikiran hitam vs putih itu pola pikir yang malas, karena terlalu malas untuk melihat yang baik (dan bisa menjadi baik) dari segala sesuatunya.

    Salam.

  1. 1 Trackback(s)

  2. Nov 28, 2007: keritiKentang™ » Blog Archive » Tangan Kanan Memberi, Tangan Kiri Hubungi Media

Post a Comment

:) :( :d :"> :(( \:d/ :x 8-| /:) :o :-? :-" :-w ;) [-( :)>- more »

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word

Tentang si Kembar yang jadi Dalang....

Perkenalkan… sepasang anak kembar yg terlahir memiliki bakat alami, yakni : mengkritik sesuatu baik secara sehat maupun tak sehat *yeahhh… artikanlah nyela2 gitu! x)* physicly, we aren’t same! but, soal kritik mengkritik, kami bisa 1 selera! Postingan2 di sini bisa serius banged, bisa juga ngeyel banged.. eeeeniweeeeyyyyy, no haRd feeLing lho, yaaa... More

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Find entries :